Tetap Di Rumah Dan Karaoke: JOOX Tencent Melihat Penggunaan Lonjakan Di Asia Tenggara

HONG KONG (Reuters) – Penguncian dan pembatasan perjalanan yang disebabkan oleh coronavirus baru telah menjadi keuntungan bagi JOOX, platform streaming musik internasional raksasa teknologi China Tencent, yang mengarahkan lalu lintas ke layanan karaokenya hingga 50%, kata seorang eksekutif.

Diluncurkan pada tahun 2015, JOOX adalah versi luar negeri dari perusahaan streaming musik top China Tencent Music Entertainment Group dan menandai tantangan internasional grup permainan dan media sosial untuk para pesaing yang lebih besar seperti Spotify Technology SA.

JOOX, yang beroperasi di Asia Tenggara, Hong Kong dan Afrika Selatan, sudah bersaing untuk mendapatkan tempat teratas dalam layanan streaming musik dengan Youtube Music and Spotify dari Alphabet Inc. di Indonesia, Malaysia dan Thailand.

“Tepatnya selama periode waktu ini penggunaan karaoke melonjak seperti 30% menjadi 50%, tergantung pada negara,” Poshu Yeung, wakil presiden Kelompok Bisnis Internasional Tencent, mengatakan kepada Reuters dalam sebuah wawancara.

“Banyak pengguna yang benar-benar tinggal di rumah, mendengarkan musik.”

Fitur karaoke platform memungkinkan pengguna untuk bernyanyi bersama teman-teman dan menerima hadiah online yang dibeli dengan koin virutal di aplikasi.

Model ini, yang juga digunakan oleh Tencent Music yang lebih mapan, telah terbukti menguntungkan: Sementara sebagian besar pengguna Tencent Music berada di unit streaming musiknya, pendorong pendapatan terbesar perusahaan adalah layanan hiburan sosial seperti platform karaoke.

Tencent Music melaporkan pendapatan yang melebihi perkiraan pada kuartal keempat, sebagian berkat layanan berbayar tersebut.

Yeung mengatakan beberapa pengguna di Asia Tenggara sekarang bersedia membayar, meskipun mereka masih tetap sebagian kecil dari total pelanggan. Untuk meningkatkan lalu lintas dan pelanggan berbayar, JOOX telah menambahkan fitur baru yang memungkinkan pengguna menggunakan koin untuk mendapatkan status VIP dan mengirim hadiah kepada teman-teman yang memegang berbagai kegiatan termasuk karaoke, acara, dan streaming langsung.

Tetapi persaingan juga akan semakin ketat, dengan saingan senegaranya Bytedance, yang memiliki aplikasi berbagi video TikTok yang sangat populer, meluncurkan aplikasi streaming musik Resso di Indonesia bulan lalu.

Berharap untuk lebih meningkatkan permintaan akan alat-alat seperti konferensi video dari mereka yang bekerja dari rumah karena coronavirus, Tencent meluncurkan alat konferensi cloud VooV Meeting di lebih dari 100 negara dan wilayah bulan lalu.

Karena lebih banyak orang beralih ke pengaturan kerja-dari-rumah, Tencent, yang diperkirakan oleh perusahaan riset Sensor Tower melihat unduhan semua aplikasi melonjak 43% pada Februari dari tahun lalu, mengharapkan lebih banyak perusahaan juga dapat mengadopsi solusi berbasis cloud dalam waktu yang lebih lama- istilah.

“Kami benar-benar melihat lebih banyak permintaan, permintaan datang selama periode waktu ini, tiba-tiba … semua orang berbicara tentang pendidikan online, bagaimana Anda melakukan pendidikan online? Jadi ada banyak pertanyaan yang masuk, ”kata Yeung.